Tuesday, March 13, 2007

Bhaskara '86

Artist : Bhaskara
Album : Bhaskara 86
Produser : Bhaskara Music Production
Distribusi : Aquarius Indonesia
Studio : Pro Sound Jakarta
Rilis Tahun : 1986
Format : Kaset
Catatan : Pertama kali beli tahun 1987

Bhaskara pada tahun 1986 merilis album pertama mereka yg diberi titel Bhaskara 86,(Bhaskara sudah merilis 3 album). Setelah rilis album pertama di tahun 1986, tahun depannya Bhaskara diundang untuk tampil di North Sea Jazz Festival di Belanda, bersamaan dengan itu juga Inang Noorsaid (drummer-nya Emerald) jg diminta utk berangkat ke North Sea Jazz Festival (Inang Noorsaid pada saat itu baru saja menjadi Juara I bersama band-nya Emerald pada event Yamaha Light Music Contest 1986 dgn menyabet the best performance utk setiap pemainnya).

Pada Album Bhaskara 86 terdiri dari 9 komposisi diantaranya,
Side A :
1. Feeling High,
2. Let's Do It Together
3. Putri
4. Woman In Space.
Side B :
5. Life Is Too Short To Worry
6.
One Lonely Flute
7.
Betawi
8.
February 17
9.
Staircase.

Komposisi Feeling High (ciptaan Udinsach & Rudy G), komposisi ini dimainkan dengan tempo cepat lewat vokal-nya Vonny Sumlang. Udinsach bermain flute pada komposisi ini. Komposisi Let's Do it Together
dibuka dengan permainan gitar-nya Joko WH, Udinsach bermain Flute & Saxophone di komposisi ini, Mates pada Bass sekali-kali bermain teknik slab, komposisi ini diciptakan oleh Bambang Nugroho (Penampilan Bambang Nugroho minus Bhaskara dapat kita lihat pada event Java Jazz festival yg baru saja berlangsung 2,3,4 Maret 2007 di Balai Sidang Jakarta dan Pra-Java Jazz Festival/Jazz On The Move(Bandung), sementara penampilan Mates dapat kita lihat di tgl 4 kemaren tampil bareng Kiboud Maulana, Ireng, Idang Rasyidi & Victor Rompas dll, Bass yg digunakan Mates adalah Bass yg dulu digunakan pada album Bhaskara 86 (Fender Bass).

Komposisi Putri hadir dengan tempo sedang yg adalah ciptaan dari Siti Hardiyanti Rukmana. Komposisi Woman In Space ciptaan Udinsach dengan vokal Vonny Sumlang. Komposisi Life Is too Short To Worry diawali dengan keyboard dlm tempo slow, vokal Vonny Sumlang pd komposisi ini, komposisi ini ciptaan Udinsach & Rudy G.Komposisi One Lonely Flute ciptaan Udinsach & Brian batie, Udinsach sangat produktif mencipta lagu pada album ini. Flute mendominasi komposisi ini, tiupan flute-nya Udinsach mengingatkan saya pada tiupan flute-nya Dave Valentin. Komposisi mencoba mengisahkan tentang kota Jakarta dengan Betawi-nya, Luluk Purwanto bermain Violin menambah kental suasana betawi. Komposisi ini dulunya pernah dijadikan jingle penutup acara Seputar Indonesia di RCTI. Komposisi Betawi diciptakan oleh Udinsach, komposisi ini terakhir dibawakan oleh Bambang Nugroho pada Jazz On The Move di Bandung.Komposisi BetawiFebruary 17 ciptaan Udinsach. Komposisi terakhir adalah Staircase (ciptaan Bambang Nugroho).

Personil Bhaskara pd album Bhaskara 86 & Peralatan yg digunakan adalah :
- BAMBANG NUGROHO : Keyboard Yamaha CP-80D, Yamaha DX-7 Synthesizer, Fender Rhodes Mark V
- UDINSACH : Alto, Tenor Sax & Flute
- JOKO WH : Gitar Fender & Gitar Yamaha SG 3000
- MATES : Bass, Alembic & Fender
- DIDI HAJU : Keyboard Yamaha DX-7 Synthesizer, Juno 106
- LULUK PURWANTO : Violin & Vocal
- KARIM : Drums & Cymbals
- DULLAH : Percussion
- VONNY SUMLANG : Lead Vocals

Reviewed by: Jonny Herbart

5 comments:

Anonymous said...

Pak Jonny tolong info ama solusinya, saya pengen bgt memiliki kembali album2 nya Bhaskara ama Emerald, dulu punya tapi sayang nya saya ga jaga baik itu koleksi sampai ada yg di pinjem ga balik,rusak dan hilang.
So please info nya ke taufik4173@yahoo.com ya pak Jonny
Thanks B 4

Anonymous said...

saya ada tp lm bentuk kaset (bhaskara) dan emeral dlm bentuk digital.
silahkan kontak saya di 0818749607

Anonymous said...

1986 Bhaskara'86
1987 Lady Bird
1988 Abang Sayang
1991 Bhaskara'91 (Putri)

charles said...

super sekali

PutraB said...

Album "Abang Sayang" sebenarnya rilis ulang dari album Lady Bird (1987). Lagu yg diunggulkan adlh Abang Sayang/Si Hitam yg sebenarnya ada di track 2 album Lady Bird. Track lagu Kaki Lima diganti dgn lagu Ease My Pain (cipt. Mates). Lagu Bayang-bayang juga gak dimasukkan ke album Abang Sayang. Selebihnya track lagu di album Lady Bird dan Abang Sayang masih sama.