Sunday, March 18, 2007

Ambon Jazz Rock - Jopie Latul

Category: Music
Genre : Jazz
Artist : Jopie Latul

Album ini adalah debut rekaman pertama penyanyi asal Maluku Jopie Latul yang langsung mempopulerkan namanya di kancah musik Indonesia thn 80-an. Dengan hit Mari Badansa dan Enggo Lari, album yang bergenre jazz ini nampaknya boleh disebut sebagai terobosan di masa itu. Selain menampilkan kombinasi irama jazz dengan beat-beat riang yang ngerock dan groovy, tanpa keraguan pada pasar pendengar yang akan tersegmentasi, seluruh lagu di album ini tampil dalam bahasa daerah Ambon.

Sempat merajainya musik jazz di Indonesia pada pertengahan dekade 80an, nampaknya jadi satu pendorong musisi-musisi yang ada di belakang album ini untuk menampilkan sesuatu yang berbeda. Warna kedaerahan Ambon di album ini memang sangat kental terasa. Suara instrumen aneka perkusi, dan peluit yang jadi ciri khas lagu-lagu Ambon cukup mendominasi di beberapa lagu. Adalah seorang Christ Kayhatu, senior jazzer Indonesia kala itu yang membidani lahirnya album ini. So, rasanya tidak perlu dipertanyakan lagi bobot musikalitas jazz yang disuguhkan.

Lirik di album ini menyiratkan budaya masyarakat Ambon yang gemar akan seni musik dengan tari-tariannya (Mari Badansa, Enggo Lari, Goyang Badan). Selain itu juga banyak yang bertutur tentang kerinduan pada sanak keluarga, tanah kelahiran Ambon, ataupun keindahan alam/pantai-nya. Simak saja pada track Beta Cuma Rindu, Ambon Manise dan Beta Berlayar. Hal ini menjadi lumrah manakala diperhatikan musisi-musisi yang ada di balik album ini hampir seluruhnya berdarah Ambon/Maluku (see behind the album). Pulau ini memang dikenal banyak melahirkan penyanyi maupun musisi yang hebat di tanah air.

Dengan lagu-lagu yang cukup bervariatif temponya mulai dari slow sampai riang, secara keseluruhan materi lagu berbahasa Ambon di album ini sangat layak untuk dinikmati. Musiknya gampang dicerna oleh pendengar, tanpa kening sampai harus berkerut untuk menghafal dan memahami liriknya. Mau denger yang slow atau yang nge-beat, semua lagu-lagu di album ini rasanya gampang banget membius pendengarnya dan dijamin gak kerasa badan langsung ikut bergoyang mengikuti iramanya.

TRACKS :
01 Mari Badansa
02 Enggo Lari
03 Mama Beta
04 Nusaiwe
05 Beta Cuma Rindu
06 Hasa Hasa Ambon
07 Huhate
08 Bulang Terang
09 Goyang Goyang
10 Ambon Manise
11 Kawengit Lari Pung Sansara
12 Beta Berlayar

BEHING THE ALBUM :
Christ Kayhatu : Music arranger
Yance Manusama : Bass
Karim : Drum, Percussi
J o k o : Lead Rhythm Guitar
Embong Raharjo : Alto Sax, Flute, Piccoto, Soprano
Enteng Tanamal : Supervisor
Henky Sahusilawane : Recording Engineer
Studio Recording : Yoan Record Jakarta Indonesia
Label recording : ATLANTIC RECORD

Reviewed by Apey

6 comments:

Anonymous said...

Kaset ini yang selalu ada di mobil bokap gue dulu...enak banget lagu-lagunya bisa buat goyang-goyang kepala.
(Dhani,Tegal)

Suhud said...

lagu ambon semua, gitu? pengen dengerin jadinya...:)

Anonymous said...

Ada MP3 nya gak, kalo ada minta donk
email aku ke adityaimam@gmail.com

emojazz said...

Album ini, memang bagus sekali, dulu di tempat kost selalu keliling org Pinjam kaset ini, ( Kaset itu dulu masih barang mewah yg kita selalu share bahkan bareng bareng beli ) dan aku beli lagi satu back up untuk sendiri.
Arrangementnya manis, walaupun Christ Kayhatu comot sana sini dan bahkan ambil satu lagu Casiopea. ( yg seharusnya dia tidak perlu ), tapi secara keseluruhan, album ini antara yg terbaik. Dan antara yg harus dimiliki saat itu.

Anonymous said...

Di era 80an, ini album jazz yg sangat inovatif, segar dan sangat menghibur untuk dinikmati. Meskipun kontennya lagu-lagu daerah (maluku), aransemen & musikalitas perlu mendapat acungan jempol. Hanya saja alm. Bung Christ Kayhatu kenapa mesti "menempelkan" musik casiopea.

Anonymous said...

salah satu album terbaik di era 80an. Saya sendiri beberapa kali beli kaset ini karena keseringan diputer dan nyangkut di tape